Tujuan dan Capaian Pembelajaran
Tujuan
- Menghasilkan sarjana yang mampu merancang proses penambahan nilai terhadap bahan pangan dan hasil pertanian dengan memadukan prinsip-prinsip ilmu pangan dengan berbagai rekayasa proses pengolahan untuk menghasilkan produk yang aman, bermutu, ramah lingkungan.
- Menghasilkan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan daya saing produk pangan dan hasil pertanian.
- Menyediakan paket teknologi yang memberikan nilai tambah pada produk pangan dan hasil pertanian yang dimanfaatkan oleh masyarakat
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran | |
Sikap (S) | |
S1 | Menunjukkan sikap Pancasila dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara serta menghargai keanekaragaman budaya |
S2 | Menunjukkan kepekaan sosial, sikap jujur, bertanggung jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, taat hukum dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat |
Pengetahuan (P) | |
P1 | Mampu menjelaskan struktur dan sifat-sifat komponen pangan/hasil pertanian (karbohidrat, protein, lipid, air, komponen lain, dan bahan tambahan pangan) dan perubahan kimiawi yang terjadi selama pengolahan |
P2 | Mampu menjelaskan mikrobia dalam pangan baik yang menguntungkan, patogenik, maupun perusak, serta pengaruh sistem pangan terhadap pertumbuhan, survival, dan pengendaliannya |
P3 | Mampu mengevaluasi bahaya (fisis, kimiawi, mikrobiologis) yang berhubungan dengan sistem pangan, transmisinya, dan pengendaliannya |
P4 | Mampu menggunakan prinsip prinsip rekayasa pangan, pengawetan dan pengolahan pangan, material dan metode pengemasan. Pembersihan dan sanitasi, serta manajemen air dan limbah |
P5 | Mampu mengaplikasikan metode untuk menilai sifat-sifat sensoris pangan |
P6 | Mampu mengaplikasikan prinsip prinsip pengendalian dan penjaminan mutu pangan |
P7 | Mampu mengaplikasikan regulasi yang dibutuhkan untuk pengolahan dan pemasaran produk pangan |
P8 | Mampu mengevaluasi perubahan zat gizi selama pengolahan, penyimpanan, dan metabolisme zat gizi dan komponen bioaktif |
Keterampilan Umum (KU) | |
KU1 | Mampu menganalisis data serta mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat |
KU2 | Mampu berargumentasi secara ilmiah, berpikir logis, kritis, sistematis, serta inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi dalam bidang teknologi pangan dan hasil pertanian |
KU3 | Mampu berkomunikasi secara saintifik baik lisan maupun tertulis |
Keterampilan Khusus (KK) | |
KK1 | Mampu mengelola organisasi dan proyek, serta memiliki ketrampilanyang diperlukan dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang yang beragam latar belakangnya |
KK2 | Mampu merancang unit pengolahan pangan dan hasil pertanian yang berkelanjutan |