Tujuan dan Capaian Pembelajaran

Tujuan

  • Menghasilkan sarjana yang mampu merancang proses penambahan nilai terhadap bahan pangan dan hasil pertanian dengan memadukan prinsip-prinsip ilmu pangan dengan berbagai rekayasa proses pengolahan untuk menghasilkan produk yang aman, bermutu, ramah lingkungan.
  • Menghasilkan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan daya saing produk pangan dan hasil pertanian.
  • Menyediakan paket teknologi yang memberikan nilai tambah pada produk pangan dan hasil pertanian yang dimanfaatkan oleh masyarakat

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran
Sikap (S)
S1Menunjukkan sikap Pancasila dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara serta menghargai keanekaragaman budaya
S2Menunjukkan kepekaan sosial, sikap jujur, bertanggung jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, taat hukum dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat
Pengetahuan (P)
P1Mampu menjelaskan struktur dan sifat-sifat komponen pangan/hasil pertanian (karbohidrat, protein, lipid, air, komponen lain, dan bahan tambahan pangan) dan perubahan kimiawi yang terjadi selama pengolahan
P2Mampu menjelaskan mikrobia dalam pangan baik yang menguntungkan, patogenik, maupun perusak, serta pengaruh sistem pangan terhadap pertumbuhan, survival, dan pengendaliannya
P3Mampu mengevaluasi bahaya (fisis, kimiawi, mikrobiologis) yang berhubungan dengan sistem pangan, transmisinya, dan pengendaliannya
P4Mampu menggunakan prinsip prinsip rekayasa pangan, pengawetan dan pengolahan pangan, material dan metode pengemasan. Pembersihan dan sanitasi, serta manajemen air dan limbah
P5Mampu mengaplikasikan metode untuk menilai sifat-sifat sensoris pangan
P6Mampu mengaplikasikan prinsip prinsip pengendalian dan penjaminan mutu pangan
P7Mampu mengaplikasikan regulasi yang dibutuhkan untuk pengolahan dan pemasaran produk pangan
P8Mampu mengevaluasi perubahan zat gizi selama pengolahan, penyimpanan, dan metabolisme zat gizi dan komponen bioaktif
Keterampilan Umum (KU)
KU1Mampu menganalisis data serta mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat
KU2Mampu berargumentasi secara ilmiah, berpikir logis, kritis, sistematis, serta inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi dalam bidang teknologi pangan dan hasil pertanian
KU3Mampu berkomunikasi secara saintifik baik lisan maupun tertulis
Keterampilan Khusus (KK)
KK1Mampu mengelola organisasi dan proyek, serta memiliki ketrampilanyang diperlukan dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang yang beragam latar belakangnya
KK2Mampu merancang unit pengolahan pangan dan hasil pertanian yang berkelanjutan